Arti, Makna, Maksud Habib dan Contohnya

Arti, Makna, Maksud Habib dan Contohnya
Habib adalah gelar bangsawan timur tengah yang merupakan kerabat Nabi Muhammad (Bani Hasyim) dan secara khusus dinisbatkan terhadap keturunan Nabi Muhammad shallahu alaihi wa sallam; melalui Fatimah az-Zahra dari pernikahannya dengan Ali bin Abi Thalib yang pada akhirnya melahirkan Hasan dan Husain.

Mayoritas para Habib (Ket: Habaib adalah bentuk jamak) yang datang ke Indonesia adalah keturunan Husain bin Ali bin Abi Thalib bin Abdul Muthalib dan Fatimah binti Nabi Muhammad bin Abdullah bin Abdul Muthalib.

Selain itu ada pendapat bahwa pihak Ali bin Abi Thalib juga memiliki keturunan dari istri-istri lainnya; akan tetapi, mereka tidak termasuk keturunan atau dzurriyyah Nabi Muhammad. Alasannya karena mereka tidak dilahirkan dari rahim Fatimah, yang mana anak kandung dari Nabi Muhammad.

Pada hakikatnya, gelar Habib ditujukan hanya kepada mereka yang memiliki pengetahuan agama Islam yang cukup tinggi dari golongan keluarga tersebut. Istilah gelar Habib juga berarti panggilan kesayangan dari cucu kepada kakeknya dari golongan keluarga tersebut.

Berdasarkan informasi dari catatan organisasi yang melakukan pencatatan silsilah para Habib, Ar-Rabithah, mengatakan kalau sekitar 20 juta orang di seluruh dunia dapat menyandang gelar Habib (disebut Sayyid) dari 114 marga.

Gelar Habib hanya ditujukan untuk laki-laki saja yang pantas dan berhak menyandang gelar Habib.

Labels: Agama Islam, Marga

Thanks for reading Arti, Makna, Maksud Habib dan Contohnya. Please share this article.

Mau dapat artikel gratis di setiap harinya? Daftarin email kamu sekarang juga! Gratis dan bukan spam!

0 Response to "Arti, Makna, Maksud Habib dan Contohnya"

Post a Comment

Terima Kasih atas Kunjungannya. Salam Hangat :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2